Tes Kesehatan Menjadi Pramugari Maskapai Penerbangan

Tes Kesehatan Menjadi Pramugari

Tes Kesehatan Menjadi Pramugari

Tes Kesehatan Menjadi Pramugari? merupakan salah satu rangkaian persyaratan kelulusan dan kelayakan menjadi seorang pramugari.Tes kesehatan ini terhitung penting untu memeriksa keadaan dan konsisi calon.

Apakah calon benar-benar sehat atau meiliki riwayat penyakit tertentu yang berdampak dalam penerbangan?Banyak sekali calon yang berhasil melalui seluruh rangkaian tes kesehatan dan ada juga yang gagal di tengah perjalanan. Lalu apa saja serangkaian tes kesehatan calon pramugari?

Berikut Ini Serangkaian Tes Kesehatan Menjadi Pramugari

  1. Tes ECG (Jantung)
    Tes kesehatan jantung untuk memastikan bahwa pramugari benar-benar memiliki jantung yang sehat. Tidak dipekenankan bagi calon yang menderita penyakit jantung untuk menjadi seorang pramugari.
    Biasanya calon akan diminta untuk berbaring dan membuka baju. Berbagai kabel akan ditempelkan pada tubuh calon. Pemeriksaan dilakukan pada bagian jantung, nadi tangan dan kaki calon pramugari.
  1. Tes Mata
    Calon pramugari juga akan mendapatkan tes mata. Beberapa tes mata akan dilakukan untuk memeriksa apakah mata dalam kondisi baik dan memenuhi persyaratan untuk menjadi pramugari.
    Beberapa tes mata yang dilakukan adalah tes yang berkaitan dengan mata. Tes tersebut seperti tes buta warna, tes minus/silinder, tes jarak pandang, pergerakan mata dan lain-lain. Misalnya, calon diminta mencari tanda bulat O atau tanda lengkung bulan C di gambar.
  1. Tes Urine (Air Seni)
    Dalam tes urine, calon pramugari akan diminta untuk menampung urine dalam wadah kecil. Kemudian wadah tersebut akan diperiksa di laboratorium.
    Tes urine ini bertujuan untuk memeriksa apakah calon pernah menggunakan obat tertentu seperti narkoba dan obat-obatan lain. Dari hasil tes urine juga akan dapat dilihat apakah calon memiliki penyakit tertentu. Selain itu, tes urine juga untuk memeriksa apakah calon dalam keadaan hamil atau tidak.
  1. Tes Rontgen (Paru-paru) dan Spirometri (Pernafasan)
    Tes kesehatan calon pramugari berikutnya adalah tes rontgen (paru-paru) dan spirometri (pernafasan). Biasanya calon akan diminta untuk membuka seluruh baju dan mengenakan jubah khusus. Kemudian, calon diminta untuk menempelkan tubuh ke papan khusus.
    Setelahnya, calon akan mendapat hasil print outrontgen paru-paru. Pemeriksaan ini berfungsi untuk mengecek apakah paru-paru dan sistem pernapasan calon pramugari dalam keadaan baik dan sehat.
  1. Tes Gigi
    Kesehatan gigi yang baik tentu juga menjadi salah satu syarat penting bagi calon pramugari. Calon akan diperiksa struktur giginya. Misalnya, apakah gigi calon memiliki tambalan atau berlubang.
    Jika calon memiliki gigi bolong, maka perlu ditambal terlebih dulu. Sebab, gigi yang bolong bisa membuat ngilu saat pesawat melakukan take off atau landing.
  1. Tes Audiometri (Pendengaran)
    Pendengaran yang baik juga merupakan salah satu aspek yang menunjang kinerja seorang pramugari. Sebab, pramugari akan berkomunikasi langsung dengan seluruh penumpang pesawat. Dalam tes audiometri ini, calon akan masuk kedalam ruang kedap suara dengan mengenakan headset.
    Kemudian, calon akan diminta menekan tombol tertentu jika  mendengar suara dalam ruangan tersebut. Tes ini dilakukan secara bergantian antara telinga kanan dan telinga kiri.
  1. Tes Fisik
    Tes fisik untuk menjadi pramugari bukanlah tes fisik seperti harus melakukan lari, push up dan lain sebagainya. Biasanya dokter akan bertanya seputar kebiasaan merokok, riwayat penyakit dan alur menstruasi. Dalam tes fisik ini juga akan diperiksa kondisi kesehatan badan dan tulang.
    Misalnya, calon diminta untuk  berdiri diatas satu kaki dengan tangan direntangkan ke belakang. Tes ini berfungsi untuk memeriksa apakah calon pramugari memiliki keseimbangan badan yang baik dan kondisi tulang yang sehat.
Baca Juga!  Tes Fisik Menjadi Pramugari Maskapai Penerbangan

Itulah ulasan singkat mengenai serangkaian tes kesehatan calon pramugari. Berbagai tahapan tes kesehatan tersebut harus dilalui oleh calon untuk menjadi seorang pramugari.

Sebab, menjadi seorang pramugari bukan hanya soal kecantikan dan kecerdasan. Kesehatan yang baik juga merupakan aspek penunjang kinerja seorang pramugari. Selamat berjuang para calon pramugari!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp