Jenjang Karir Seorang Pramugari Maskapai Penerbangan

Jenjang Karir Seorang Pramugari

Jenjang Karir Seorang Pramugari

Bercita-cita menjadi seorang pramugari adalah impian bagi kebanyakan wanita yang memiliki postur tinggi dan bentuk tubuh yang ideal. Tubuh yang tinggi dengan berat badan yang ideal adalah ketentuan fisik yang menjadi syarat sebagai pramugari. Namun untuk menjadi seorang pramugari memiliki tahapan untuk bisa diteapkan menjadi karyawan tetap di maskapai penerbangan tersebut. Seperti apa jenjang karir seorang pramugariitu sendiri?

Kriteria Menjadi Pramugari

Beberapa maskapai penerbangan memiliki kriteria tertentu dalam melakukan rekruitmen pramugari. Untuk menjadi seorang pramugari bukan hanyabermodalkan paras yang cantik saja. Bahkancantik dan tidaknya seorang wanita bukanlah sebuah ukuran untuk bisa menjadi seorang pramugari. Seorang pramugari juga harus memiliki sikap dansifat yang baik dalam melayani penumpang.

Seorang pramugari juga dituntut untuk memiliki penampilan yang menarik. Pramugari bukan hanya bekerja untuk melayani diri sendiri, tapi melayani banyak orang, maka dari itu seorang pramugari dituntut untuk bisa tangkas dan terampil dalam melayani¬† banyak orang. Kenyamanan dan keselamatan hidup orang banyak juga ada di tangan seorang pramugari.’

Berikut Ini Adalah Kriteria Untuk Menjadi Seorang Pramugari Maskapai Penerbangan:

  1. Berjenis kelamin wanita
  2. Berumur minimal 18 tahun dan maksimal pendaftaran usia 24.
  3. Mempunyai tinggi minimal 160 cm dan maksimal 172 cm
  4. Memiliki berat badan ideal yang disesuaikan dengan tinggi badan yang dimiliki.
  5. Tidak memakai kacamata
  6. Bukan penyandang buta warna
  7. Bisa berenang
  8. Belum pernah menikah
  9. Berpenampilan menarik
  10. Mampu berkomunikasi dengan baik dan lancar pada semua orang
  11. Mempunyai kemampuan berbahasa Inggris dengan baik

Tahapan atau Jenjang Karir Pramugari

Menjadi seorang pramugari memang bis dikatakan susah, tapi Anda harus serius dan konsisten berlatih sejak awal. Ada beberapa tahapan seleksi untuk bisa menjadi seorang pramugari. Selain syarat atau kriteria yang telah disebutkan di atas, akan ada seleksi admisnitrasi, jika lolos maka masih ada seleksi wawancara, wawasan kompetensi, performance test, psikotest dan seleksi medis.

Jika Anda telah lolos dalam semua tahapan seleksi maka Anda bisa diterima menjadi seorang pramugari. Namun  di manapun seseorang bekerja, pastinya memiliki jenjang karir atau masa kontrak yang akan ia jalani dalam pekerjaannya. Begitu pula ketika Anda nantinya berhasil menjadi seorang pramugari. Ada jenjang karir seorang pramugari yang akan ia jalani sebelum akhirnya ia bisa pensiun dari pekerjaannya. Lalu seperti apa jenjang karir itu? Jenjang karir pramugari dimulai menjadi pramugari dengan masa kontrak sebelum ia bisa diangkat menjadi karyawan tetap.

Lalu berapa lama jenjang yang harus dilakukan oleh seorang pramugari agar bisa diangkat menjadi pramugari tetap? Jawabannya tergantung dari kinerja pramugari tersebut. setiap maskapai memiliki peraturannya masing-masing, ada beberapa maskapai yang mempunyai kebijakan masa kontrak pertama 2 tahun.

Baca Juga!  Informasi Pendaftaran Sekolah Pramugari di Indonesia

Setelah kontrak pertama habis, maka bisa diperpanjang menjadi satu tahun. Kemudian jika kontrak kedua habis, maka bisa diperpanjang lagi selama 2 tahun. Barulah setelah 2 jenjang masa kontrak,Anda bisa diangkat menjadi pegawai tetap. Maka dari itu durasi jenjangkarir yang harus dijalani sebelum menjadi karyawan tetap apabila ditotal adalah 5 tahun.

Namun tidak semua maskapai menerapkan jangka 5 tahun untuk bisa diangkat menjadi pegawai tetap. Apabila kinerja yang Anda lakukan sangat bagus maka pihak maskapai penerbangan bisa langsung mengangkat Anda dari pegawai kontrak menjadi pegawai tetap dalam dua atau tiga tahun saja.

Demikian ulasan mengenai jenjang karir seorang pramugari. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp