Etika yang Harus Dimiliki Pramugari Maskapai Penerbangan

Etika yang Harus Dimiliki Pramugari

Etika yang Harus Dimiliki Pramugari

Etika yang harus dimiliki pramugari sangat penting untuk Anda ketahui sebelum Anda menjadi seorang pramugari.  Pada dasarnya untuk menjadi pramugari tidak semata- mata memiliki tampilan yang menarik saja. Yang lebih penting tentunya  memiliki kinerja yang bagus dalam bekerja sebagai pramugari di sebuah maskapai penerbangan agar tidak ada penumpang yang kecewa dengan pelayanan yang diberikan oleh maskapai tersebut.

Tampilan menarik disini pun bukan berarti memiliki wajah yang cantik saja. Tetapi disini memiliki artian menjadi seorang pramugari dinilai dari bagaiman cara mereka berpakaian, makeup yang natural dan memakai wangi- wangian yang tidak terlalu menyengat. Intinya disini memiliki penampilan yang enak dilihat untuk para penumpang khususnya.

Apa Saja Etika yang Harus Dimiliki Pramugari Maskapai Penerbangan?

Membahas soal etika seorang pramugari yang mempunyai tugas memberikan pelayanan dan jasa kepada penumpang pesawat terbang. Hal ini tentunya harus memilki etika maupun sikap yang baik. Lalu apa saja etika yang harus dimiliki oleh seorang pramugari ?

1. Seorang pramugari dapat bekerja dengan tim

Tentu saja kalian tau di dalam sebuah pesawat tentunya tidak cukup hanya membutuhkan satu orang pramugari saja, salah satu tugas sulit seorang pramugari yaitu ketika sedang proses boarding.

Meskipun sebenarnya ketika proses boarding berlansung penumpang masukan barang bawaannya sendiri ke kabin kompartemen yang biasanya kondisi ini cukup crowded, namun pramugari tetap harus menawarkan bantuan untuk meletakan barang bawaan penumpang yang sedang mengalami kesulitan.  Maka dari itu, tugas ini harus membutuhkan kerja tim, karena sesuatu yang dilakukan secara bersama akan terasa lebih ringan.

2. Teliti

Sikap yang satu ini memang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin bekerja tidak hanya sebagai pramugari saja namun untuk semua bidang pekerjaan. Salah satu tugas yang harus membutuhkan ketelitian seorang pramugari adalah saat penumpang sedang memasuki pesawat terbang atau biasa disebut proses broading seorang pramugari harus mengecek terlebih dahulu peralatan kesalamatan penerbangan yang wajib dibawa saat pesawat sedang terbang nantinya, seperti obat –obatan/ P3K, sabuk pengaman, pelampung, masker oksigen, persediaan makanan dan minuman, dan lain lain. Pramugari harus memastikan barang tersebut sudah terbawa semuanya.

3. Memprioritaskan kenyamanan penumpang

Ini merupakan tugas utama seorang pramugari harus mengutamakan penumpang. Seperti ketika hal darurat sedang terjadi, pramugari akan mengarahkan penumpang untuk memberikan pertolongan pertama yang dibutuhkan oleh penumpang. Tidak hanya itu, ketika pesawat sudah di udara, seorang pramugari bertugas meawarkan minuman dan makanan kepada penumpang.

4. Ramah

Sikap yang satu ini sangat diwajibkan sebagai seserang yang bekerja di bidang pelayanan pelanggan tidak terkecuali pramugari. Tentu saja ini bertujuan untuk memberika rasa nyaman kepada penumpang atas pelayanan yang kita berikan. Walaupun suasana hati sedang tidak mendukung, seorang pramugari harus selalu menunjukan sikap ramah kepada penumpang sebagai bagian dari sebuah profesionalisme pekerjaan.

5. Sabar dan tegas kepada penumpang

Penumpang pesawat tentunya memiliki karakter dan sifat yang bermacam-macam, oleh karena itu sikap ini juga harus dimiliki oleh seorang pramugari agas tidak mudah terpancing emosi. Salah satu tugas yang harus membutuhkan kesabaran dan ketegasan seorang pramugari adalah ketika ditemukan penumpang yang masih sibuk dengan smartphone mereka dan belum memasang sabuk pengamannya, maka kondisi ini sangat dibutuhkan sikap kesabaran dan juga ketegasan dari pramugari.

6. Memastikan keselamatan penumpang

Seorang pramugari memang ditugaskan untuk memastikan keselamatan penumpang jika terjadi ketika sedang dalam kondisi darurat, seorang pramugari tidak boleh menampakan wajah paniknya karena tugas mereka adalah menenangkan penumpangnya dan selalu memastikan keselamatan penumpangnya diatas keselamatan dirinya sendiri.

7. Ucapan terimakasih dan ucapan salam

Menjadi seorang pramugari tidak lupa selalu mengucapkan salam baik ketika penumpang akan memasuki pesawat dan salam untuk perpisahan, maupun ucapan terima kasih karena sudah memilih maskapai penerbangannya.

Baca Juga!  Apakah Pramugari Harus Mancung? Ketahui Syarat Berikut!

Nah untuk Anda yang berniat belajar lebih dalam agar bisa menjadi pramugari yang profesional, FAAST Penerbangan adalah yang sangat direkomendadsikan. Kenapa? Sebab inilah sekolah pramugari terbaik di Indonesa dengan legali7tas yang lengkap dan reputasi bertaraf internasional. Apalagi didukung sistem kurikulumnya yang mengacu pada aturan penerbangan internasional. Silahkan kunjungi FAAST Penerbangan untuk mendapatkan infomasi pendaftaran dan informasi lainnya.

Itulah tadi berbagai etika yang harus dimiliki pramugari, semoga bermanfaat untuk Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp