Apakah Pramugari Boleh Menggunakan Kacamata?

Apakah pramugari boleh menggunakan kacamata? Apakah pramugari tidak boleh bermata minus? Jika Anda ingin menjadi seorang pramugari, bukan hal yang baru untuk menanyakan hal tersebut. Mengapa? Karena banyak teman-teman yang juga penasaran terkait dengan syarat-syarat khusus untuk menjadi pramugari seperti bolehkan berkacamata atau bolehkah memiliki gigi gingsul dan sebagainya.

Apakah Pramugari Boleh Menggunakan Kacamata?

Apakah Pramugari Boleh Menggunakan Kacamata?

Kesehatan menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan oleh calon pramugari. Bukan hanya kesehatan badan secara keseluruhan saja, kesehatan mata juga perlu menjadi perhatian. Salah satu masalah kesehatan mata yang paling sering terjadi adalah mata minus, yaitu kondisi indera penglihatan yang tidak dapat melihat benda pada jarak jauh dengan jelas.

Untuk membantu masalah penglihatan tersebut, biasanya orang-orang menggunakan kacamata yang sesuai dengan minus yang dialaminya. Lalu, apakah untuk menjadi seorang pramugari Anda diperbolehkan untuk menggunakan kacamata? Jawabannya adalah tergantung pada kebijakan maskapai masing-masing sebab ada maskapai yang memperbolehkan dan ada juga yang tidak memperbolehkan pramugarinya mengenakan kacamata.

Mengapa Pramugari Tidak Boleh Menggunakan Kacamata?

Jadi, apakah pramugari boleh menggunakan kacamata? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, hal tersebut kembali lagi kepada kebijakan setiap maskapai. Untuk maskapai yang tidak memperbolehkan tentunya memiliki beberapa alasan tertentu sehingga melarang pramugarinya untuk mengenakan kacamata. Salah satu alasannya adalah grooming atau penampilan dari pramugari itu sendiri.

Selain itu, penggunaan kacamata juga dapat merepotkan apalagi jika aktivitas seorang pramugari ini membutuhkan banyak waktu untuk bergerak kesana kemari melayani penumpang di atas pesawat. Penggunaan kacamata juga dinilai dapat membuat penumpang merasa kurang nyaman dan risih, sehingga kebanyakan maskapai penerbangan melarang pramugarinya menggunakan kacamata saat bekerja.

Kemudian, faktor keselamatan menjadi alasan lain mengapa pramugari umumnya tidak diperbolehkan menggunakan kacamata. Hal ini menjadi masalah karena menyangkut keselamatan selama penerbangan. Misalnya, terjadi turbulensi secara tiba-tiba dan terjadi guncangan hebat dan saat itu kacamata yang Anda pakai jatuh. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu keselamatan.

Apakah Pramugari Boleh Menggunakan Kacamata? Ini Dia Solusinya

Setelah mengetahui apakah pramugari boleh menggunakan kacamata? Atau tidak, Anda yang saat ini mengenakan kacamata karena minus namun tetap ingin meraih mimpi menjadi seorang pramugari tentu ingin tahu solusi apa yang bisa Anda lakukan dalam hal ini. Sebenarnya, mata minus tidak menjadi masalah besar bagi kebanyakan maskapai.

Baca Juga!  Apakah Pramugari Harus Mancung? Ketahui Syarat Berikut!

Dalam hal ini, biasanya maskapai penerbangan mempersyaratkan batas maksimal untuk minus jika calon kandidatnya mengalami masalah tersebut. Biasanya, minus Anda maksimal adalah -3.00 baik untuk mata kanan maupun kiri. Jadi, Anda yang saat ini mengalami mata minus tidak sampai -3.00, Anda tidak perlu minder untuk menjadi pramugari karena ada beberapa solusi berikut ini.

1. Menggunakan Softlens

Bukannya mengganggu penampilan, menggunakan softlens terkadang bisa membuat tampilan Anda semakin menarik. Oleh karena itu, jika mata Anda minus dan ingin menjadi seorang pramugari, softlens bisa menjadi jawaban tepat untuk masalah Anda saat ini. Selain dapat membuat tampilan semakin menarik, Anda juga tetap bisa melihat dengan jelas seperti mata normal.

2. Menjaga Kesehatan mata

Setelah mengetahui jawaban atas pertanyaan apakah pramugari boleh menggunakan kacamata? Adalah tidak boleh, Anda tentu ingin menjaga kesehatan mata Anda supaya terhindari dari kacamata. Meskipun minus pada level tertentu juga diperbolehkan, Anda juga tetap wajib menjaga kesehatan mata supaya mempermudah jalan Anda untuk meraih mimpi menjadi seorang pramugari.

3. Mengobati Mata Minus

Jika ternyata saat ini Anda sudah menderita mata minus, solusi terbaik selain menggunakan softlens adalah dengan mengobati mata minus tersebut. Saat ini tersedia operasi lasik yang memungkinkan Anda untuk dapat melihat normal kembali. Dengan operasi ini diharapkan bisa mengurangi ketergantungan Anda terhadap penggunaan kacamata di kemudian hari.

Setelah membaca penjelasan di atas, dapat disimpulkan jika pemakaian kacamata umumnya tidak diperbolehkan jika Anda ingin menjadi seorang pramugari profesional. Namun, jika Anda mengalami masalah mata minus, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan softlens supaya penampilan Anda tidak terganggu adanya kacamata. Sekarang, Anda tidak perlu bingung lagi apakah pramugari boleh menggunakan kacamata?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp