Apakah Pramugari Boleh Berhijab? Perhatikan Penjelasan Berikut!

Apakah pramugari boleh berhijab? Ini merupakan salah satu pertanyaan yang paling sering muncul di kalangan remaja berhijab yang ingin menjadi seorang pramugari. Bukan rahasia lagi jika saat ini hijab bukanlah menjadi halangan bagi seseorang untuk meniti karir tertentu termasuk menjadi pramugari. Selengkapnya, mari kita simak informasi berikut ini.

Sebagai salah satu profesi yang paling diminati di era modern ini, menjadi pramugari memang menjadi impian banyak kaum hawa termasuk mereka yang berhijab. Namun, disisi lain tak jarang dari mereka yang merasa bimbang apakah seorang pramugari diperbolehkan menggunakan hijab atau tidak. Kabarnya saat ini aturan terkait penggunaan hijab sudah semakin fleksibel.

Bukan hanya pada profesi pramugari saja, profesi lain seperti polwan pun saat ini sudah diperbolehkan mengenakan hijab. Akan tetapi, perlu diingat bahwa aturan penggunaan hijab pada pramugari juga dapat berbeda dari satu maskapai ke maskapai lainnya. Sejarah penggunaan hijab pada pramugari pun melewati perjalanan yang panjang. Berikut ini selengkapnya.

Apakah Pramugari Boleh Berhijab?

Sejarah Penggunaan Hijab pada Pramugari di Indonesia

Sebelum menjawab pertanyaan apakah pramugari boleh berhijab? Ada baiknya kita juga melihat bagaimana sejarah penggunaan pada profesi yang satu ini. Sebenarnya, karena menganut prinsip Bhineka Tunggal Ika, banyak maskapai di Indonesia yang memilih untuk tidak mengidentikan diri ke salah satu agama saja. Karena penggunaan hijab ini cenderung menunjukan identitas seorang muslimah.

Namun, seiring berkembangnya zaman, ada berbagai peraturan yang berubah dan membuat berbagai maskapai penerbangan akhirnya mengirim pramugari berhijab sebagai crew cabin mereka. Salah satunya adalah dalam hal penerbangan Haji ke Mekkah. Karena peraturan setempat mewajibkan kru penerbangan untuk berhijab dan menggunakan pakaian tertutup, maka maskapai mengirim pramugari berhijab.

Selain perjalanan ke Mekkah, belum lama ini salah satu daerah di Indonesia yaitu Aceh juga mengeluarkan Peraturan Daerah dengan bunyi aturan yang hampir sama. Daerah yang kental dengan Syariat Islam ini mewajibkan pramugari untuk menggunakan hijab dan busana muslimah sesuai dengan Syariat Islam. Hal ini pun disetujui oleh maskapai-maskapai yang melakukan penerbangan ke daerah tersebut.

Apakah Pramugari Boleh Berhijab? Lalu Maskapai Penerbangan Mana yang Mengizinkan Pramugarinya Berhijab?

Lalu, apakah pramugari boleh berhijab? Jawabannya adalah boleh, selama Anda mendaftar pada maskapai penerbangan yang memperbolehkannya. Kabar baiknya adalah saat ini ada beberapa maskapai penerbangan yang memperbolehkan pramugarinya untuk menggunakan hijab. Jadi, kalian yang berhijab tidak perlu lagi berkecil hati. Berikut ini beberapa maskapai penerbangan tersebut.

Baca Juga!  Apakah Pramugari Harus Langsing? Simak Penjelasan Berikut!

1. Sriwijawa Air

Sriwijaya merupakan salah satu maskapai penerbangan yang mengizinkan para awak kabinnya untuk menggunakan hijab. Bahkan, maskapai penerbangan yang satu ini juga mengajak penumpangnya untuk berdoa bersama terlebih dahulu sebelum lepas landas. Dengan seragam berwarna merah atau ungu, lengkap dengan hijab, pramugari Sriwijaya siap membantu selama perjalanan.

2. NAM Air

Anak perusahaan dari maskapai penerbangan Sriwijaya ini juga memperbolehkan awak kabinnya untuk mengenakan hijab. Dalam hal ini, maskapai penerbangan tersebut bahkan mengizinkan hal tersebut sejak awal penerbangannya di tanah air. Dengan seragam berwarna biru dan hijab yang senada, Anda yang berhijab dan ingin menjadi pramugari bisa memperhitungkan maskapai yang satu ini.

3. Royal Brunei Airlines

Apakah pramugari boleh berhijab? Jika Anda bergabung dengan Royal Brunei Airlines, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Mengapa? Karena maskapai penerbangan asal Brunei Darussalam ini memperbolehkan para pramugarinya untuk menggunakan hijab. Pramugari Royal Brunei Airlines memiliki seragam berwarna biru dan pink salmon lengkap dengan topi senada.

Lalu, Apakah Pramugari Diperbolehkan Menggunakan Hijab?

Dari penjelasan di atas, dapat Anda simpulkan jika saat ini pramugari sudah diperbolehkan untuk mengenakan hijab. Akan tetapi, tidak semua maskapai memperbolehkannya. Jadi, jika Anda berminat untuk tetap berhijab saat menjadi seorang pramugari, Anda harus masuk ke maskapai penerbangan yang mengizinkan pramugarinya untuk mengenakan hijab.

Terakhir, untuk mempersiapkan diri Anda menjadi seorang pramugari yang handal dan profesional, Anda sebaiknya mengikuti pendidikan atau pelatihan pramugari terlebih dahulu. Anda tidak perlu bingung untuk memilih lembaga pelatihan pramugari terbaik karena saat ini sudah ada Sekolah Pramugari FAAST yang siap membantu Anda. Jadi, tak perlu lagi risau dengan pertanyaan apakah pramugari boleh berhijab?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp