Apakah Pramugari Boleh Bekerja Setelah Menikah?

Apakah pramugari boleh bekerja setelah menikah? Pertanyaan ini memang tidak jarang ditanyakan oleh mereka yang ingin menggapai mimpi sebagai seorang pramugari. Jika Anda memiliki pertanyaan yang sama, artinya Anda tidak sendiri. Menjadi salah satu profesi yang sangat populer saat ini, bukan tidak mungkin jika banyak masyarakat yang ingin tahu lebih dalam mengenai syarat menjadi pramugari.

Salah satu persyaratan yang sering ditanyakan adalah terkait apakah seorang pramugari diperbolehkan menikah setelah bekerja. Seperti yang mungkin Anda ketahui sebelumnya syarat untuk menjadi pramugari adalah belum menikah. Namun, apakah setelah bekerja seorang pramugari diperbolehkan untuk menikah? Untuk lebih jelasnya, mari kita simak informasi berikut ini.

Apakah Pramugari Boleh Bekerja Setelah Menikah?

Apakah Masuk Pramugari Harus Belum Menikah?

Sebelumnya, mari kita bahas terkait persyaratan menjadi seorang pramugari. Ada beberapa hal yang sering dipersyaratkan seperti usia minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun. Selain itu, ada juga syarat tinggi badan yaitu minimal 160cm dengan berat badan yang proporsional. Sedangkan untuk pendidikan minimal adalah SMA/sederajat.

Lalu, apakah pramugari boleh bekerja setelah menikah? Untuk menjadi seorang cabin crew, belum pernah menikah merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh calon kandidat. Jika dalam hal ini Anda bisa memenuhi syarat lainnya namun saat ini Anda sudah bersuami atau sudah pernah menikah, artinya pramugari mungkin bukan jalan yang tepat.

Apakah Pramugari Diperbolehkan Menikah? Dan Apakah Pramugari Boleh Bekerja Setelah Menikah?

Kemudian, bagaimana dengan pramugari yang sudah berada dalam masa kontrak? Apakah mereka juga tidak diperbolehkan untuk menikah? Terkait dengan hal ini, setiap maskapai biasanya memiliki kebijakan tersendiri terkait aturan tersebut. Namun, umumnya maskapai penerbangan tidak menganjurkan pramugarinya untuk menikah terlebih dahulu.

1. Alasan Pramugari Tidak Boleh Menikah

Mengapa pramugari tidak dianjurkan untuk menikah selama masa kontrak? Biasanya hal ini berkaitan dengan penampilan dan keselamatan dari pramugari itu sendiri. Pernikahan memang tidak menjadi masalah. Namun, yang ditakutkan adalah saat seorang pramugari hamil dan mempunyai anak. Bayangkan saja betapa beratnya untuk beraktivitas secara prima saat hamil.

Baca Juga!  Informasi Pendaftaran Sekolah Pramugari di Indonesia

Jadi, apakah pramugari boleh bekerja setelah menikah? Jawabannya kembali lagi ke kebijakan tiap-tiap maskapai penerbangan. Akan tetapi, umumnya pramugari tidak diperbolehkan menikah selama masa kontrak. Jika ia kemudian memutuskan untuk menikah dan mempunyai anak, maka ia harus mengajukan surat pengunduran diri atau keluar dari maskapai penerbangan.

2. Kapan Pramugari Boleh Menikah

Meskipun begitu, tidak berarti menjadi pramugari artinya Anda tidak boleh menikah. Tentu Anda tetap bisa menikah. Namun, selama masa kontrak, Anda harus menunda pernikahan terlebih dahulu sesuai aturan yang ada. Masa kontrak ini biasanya berlangsung 2-3 tahun. Setelah masa kontrak habis, Anda bisa memperpanjangnya selama 1 tahun dengan catatan kinerja Anda baik.

Selain itu, sumber lain juga menyebutkan jika Anda diperbolehkan menikah setelah diangkat menjadi karyawan tetap. Terkait kapan seorang pramugari bisa menjadi karyawan tetap tentu tergantung kepada masing-masing maskapai lagi. Tetapi, jika kinerja Anda bagus, bukan tidak mungkin jika Anda bisa secepatnya menjadi pegawai tetap di suatu maskapai penerbangan.

Jika Anda masih belum jelas terkait apakah pramugari boleh bekerja setelah menikah? Biasanya perihal larangan untuk menunda pernikahan ini tertuang pada isi kontrak. Dalam kontrak tersebut biasanya ada beberapa pasal-pasal terkait hubungan kontrak antara pihak maskapai dengan pihak pramugari. Salah satu pasalnya mengatur mengenai tidak boleh menikah atau hamil selama masa kontrak.

Apakah Pramugari Boleh Menikah?

Setelah membaca seluruh informasi di atas, bisa disimpulkan bahwa seorang pramugari tidak diperbolehkan menikah selama dalam masa kontrak. Namun, kebijakan ini bisa saja berbeda di setiap maskapai penerbangan. Jika seorang pramugari memutuskan untuk menikah atau hamil, biasanya ia akan diminta untuk mengundurkan diri sebagai pramugari.

Demikianlah aturan mengenai penundaan pernikahan untuk pramugari. Namun, perlu diingat bahwa ini hanya penundaan menikah saja. Artinya, Anda tetap bisa menikah setelah menjadi pramugari. Tentu dengan konsekuensi yang sudah disebutkan di atas. Jadi, Anda tidak perlu risau lagi dengan pertanyaan apakah pramugari boleh bekerja setelah menikah? Karena jelas, pramugari tidak diizinkan menikah selama dalam masa kontrak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp